WARTA TENURE Edisi 5

Warta Tenure Edisi 5Hutan Adat dan Hutan Desa

Salam Jumpa Lagi..!!!

Warta Tenure kembali hadir di tengah-tengah pembaca, setelah off selama sekitar setahun. Banyak kolega bertanya tentang kehadiran kembali Warta Tenure yang dirancang terbit empat bulanan atau 3 kali dalam setahun ini. Namun, ketersediaan dukungan dana jualah yang menjadi faktor pembatasnya. Mudah-mudah perjumpaan kembali ini bisa menjadi momentum yang baik untuk kehadiran edisi-edisi berikutnya.

Hutan Adat dan Hutan Desa dipilih menjadi topik utama dalam Warta Tenure nomor 5 ini. Sudah lebih dari delapan tahun sejak diundangkannya UU Kehutanan No. 41/1999, hingga saat ini belum diterbitkan Peraturan Pemerintah (PP) tentang hak-hak masyarakat hukum adat dalam pengelolaan hutan dan penetapan hutan adat, sebagaimana dimandatkan dalam pasal 67 UU tersebut . Pro dan kontra perlu atau tidaknya PP Hutan Adat memang terus bergulir seiring dengan pro-kontra terhadap UU Kehutanan itu sendiri. Mari kita simak beberapa pandangan dan praktek-praktek pembelajaran para pihak dalam upaya meretas kerumitan masalah tenurial hutan adat ini.

Topik Hutan Desa diangkat sebagai bagian dari proses pengawalan atas momentum terbitnya PP No.6/2007 dan revisinya (PP 3/2008). Dalam PP tersebut Hutan Desa merupakan salah satu skenario akses dan pemberdayaan masyarakat setempat, selain HKM, Kemitraan dan HTR yang sudah bergaung di kalangan para pihak. Sebagian pihak ada yang memprediksi dan menaruh harapan terhadap skenario kebijakan Hutan Desa ini akan bisa menjadi pemecahan alternatif dari permasalahan tenurial hutan adat yang dianggap sangat kompleks dan rumit.

Di tataran kebijakan, hutan adat dan hutan desa masih terus dikaji dan dalam proses penggodokan, tetapi di tataran lapangan masyarakat masih terus mengalami penggusuran dan pengusiran. Untuk memperkaya perdebatan isu ini, kami angkat pula ”Tragedi Kontu” dalam rubrik Seputar Kasus Tenure.

Dalam rubrik dinamika WG Tenure disajikan tulisan tentang pelajaran yang dipetik oleh Koordinator Dewan Pengurus dari perjalanannya menghadiri The Third ILC Global Assembly di Entebbe – Uganda 24-27 April 2007. Kepada pembaca juga kami suguhkan catatan ringkas dari Roundtable Discussion WG-Tenure ketiga yang diselenggarakan di hotel Salak Bogor pada tanggal 29 Nopember 2007.

WG-Tenure menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dukungan dan kontribusi para pihak sehingga memungkinkan Warta Tenure ini bisa hadir kembali di tengah-tengah pembaca.

Selamat menikmati !

Redaksi …

Warta Tenure Edisi 5.pdf

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *