Program Pelatihan yang dilakukan oleh WG-Tenure meliputi: Pelatihan Analisis Konflik Tenure dan Pelatihan Mediasi Konflik Sumberdaya Alam.

Pelatihan Analisis Konflik Tenure merupakan program pelatihan yang ditujukan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan analisa konflik land tenure dan mendata konflik tenure secara sistematis. Semenjak Maret 2014, kurikulum dan Silabus yang digunakan dalam pelatihan ini sudah mengacu kepada kurikulum silabus yang tertuang dalam Surat Keputusan KaPusdiklat Kehutanan RI Nomor SK.35/Dik-2/2014 tentang “Kurikulum dan Silabus Diklat Pemetaan Konflik” yang disahkan pada Februari 2014. Di dalam kursil tersebut mengadopsi perangkat-perangkat analisa yang sebelumnya telah sering digunakan oleh WG-Tenure pada pelatihan-pelatihan terdahulu, antara lain metoda Rapid Tenure Assessment (RaTA)-dikembangkan oleh ICRAF, Analisis Gaya Bersengketa (AGATA)-dikembangkan oleh Samdhana Institute, HUMA-win (sistem data base konflik Sumber Daya Alam)-dikembangkan oleh HuMA, dan Analisis Gender-dikembangkan oleh SAINS.

Pelatihan analisa konflik tenure pertama kali digelar pada tahun 2009 dan akan terus dilanjutkan mengingat pentingnya peningkatan pengetahuan dan keterampilan mengenai konflik tenure dan cara penyelesaiannya khusus bagi stakeholder utama pengelolaan hutan seperti staf-staf Kementerian Kehutanan, Masyarakat Lokal/Adat dan Pelaku Usaha.

Pelatihan Mediasi Konflik Sumberdaya Alam merupakan program pelatihan yang bertujuan untuk menyelesaikan konflik sumberdaya alam melalui mediasi dan negosiasi sebagai alternatif solusinya. Pada Program Pelatihan Mediasi ini, WG-Tenure bekerjasama dengan Impartial Mediator Network (IMN) telah memulai diklat angkatan I pada November 2014. Kurikulum dan Silabus Diklat Pemetaan Konflik ini pun sudah disahkan melalui SK Kapusdiklat Kehutanan RI Nomor 156/ Dik-2/ 2014 tentang Kurikulum dan Silabus Diklat Mediasi untuk Penyelesaian Konflik Sumberdaya Alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *