Pelatihan (Inhouse Training) KPH Benakat Bukit Cogong

WG-Tenure | Benakat – WG-Tenure dengan dukungan dari MFP-3 mengadakan Pelatihan (in-house training) di KPH Benakat Bukit Cogong (BBC), Provinsi Sumatera Selatan pada 29 Mei – 1 Juni 2015. Pelatihan dengan tema “Peningkatan Kapasitas Staf KPH: Tantangan Isu Sosial dalam Pengelolaan KPH” ini diikuti oleh 17 orang peserta dari staf KPH.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini, antara lain: (1) Kebijakan Kehutanan yang disampaikan oleh Mumu Muhajir; (2) Teknik Komunikasi dan Kemitraan yang disampaikan oleh Suwito; (3) Rapid Land Tenure Assessment (RaTA) dan Analisis Gaya Bersengketa (AGATA) oleh Syaiful; dan (4) Teknik Mediasi dan Negosiasi yang diberikan oleh Jomi Suhendri.

Penyelenggaraan pelatihan ini memiliki tujuan agar para staf KPH memiliki kapasitas dalam mengelola berbagai tantangan dan permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan pengelolaan hutan di wilayahnya. Setelah pelatihan ini, ada beberapa rencana tindaklanjut yang disiapkan, antara lain: land tenure assessment di 3 desa dan sosialisasi  KPH beserta RPHJP (Rencana Pengelolaan Hutan Jangka Panjang) kepada masyarakat dan para pihak lainnya. (*)

Untitled-1