Inhouse Trainning WG-Tenure di KPHP Banjar

WG-T | Banjarbaru – [mini-icon icon=”leaf”] WG-Tenure mengadakan in-house training peningkatan kapasitas staf KPH (Kesatuan Pengelolaan Hutan) di KPHP Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Pelatihan ini berlangsung pada 27-30 April 2015 di Hotel Rodhita, Kabupaten Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Peserta pada pelatihan yang didukung oleh MFP-3 ini adalah para staf KPH Banjar.

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf KPH di KPHP Banjar
Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf KPH di KPHP Banjar

Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) hadir di tingkat tapak untuk mewujudkan pengelolaan hutan yang lebih baik. KPH memiliki tugas untuk melakukan pengurusan hutan yang meliputi kegiatan perencanaan kehutanan, pengelolaan hutan, penelitian dan pengembangan, pendidikan dan latihan, penyuluhan serta pengawasan. Mandat tersebut mencakup (1) penyelesaian masalah kawasan hutan yang telah terjadi dan menghindari masalah baru di masa depan serta meningkatkan kapasitas pengelolaan hutan konservasi dan hutan lindung; (2) Mempermudah akses bagi penerima manfaat atau dapat menekan terjadinya ekonomi biaya tinggi serta terdapat landasan kuat untuk mengalokasikan manfaat hutan secara adil; dan (3) Menyediaakan infrastruktur social maupun ekonomi bagi penguatan kelembagaan local terutama yang mendapat akses pemanfaatan sumberdaya hutan.

Secara khusus KPH juga mempunyai peran strategis dalam menjawab tantangan permasalahan land tenure dalam pengelolaan hutan antara lain adalah optimalisasi akses masyarakat dalam pengelolaan hutan serta resolusi konflik. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas staf KPH baik dari sisi pemahaman maupun ketrampilan sehingga dapat mewujudkan pengelolaan hutan yang lestari.