Proceeding Roundtable Discussion III

cover_RTD3Permasalahan Tenurial & Reforma Agraria Di Kawasan Hutan Dalam Perspektif Masyarakat Sipil

Bogor, 27 November 2007

Prosiding ini disusun sebagai publikasi pelaksanaan Roundtable discussion (RTD) ke-3 yang diadakan di Hotel Salak Bogor, 29 November 2007. RTD ini merupakan rangkaian kegiatan diskusi yang dirancang oleh WG-Tenure untuk menggali perspektif para pihak terhadap permasalahan tenurial di kawasan hutan dan inisiatif-inisiatif yang telah dikembangkan dalam mencari solusi penyelesaiannya.

Roundtable discussion yang terselenggara atas kerjasama WG-Tenure dengan HuMA ini dirancang untuk melakukan pendalaman masalah tenurial dalam perspektif masyarakat sipil (civil society), terutama dari kalangan kelompok masyarakat, NGO, akademisi dan DPR/DPRD. Selain itu juga untuk memperdalam dan menggali perspektif masyarakat sipil terhadap kebijakan yang dikeluarkan pemerintah yang mungkin berpeluang merespon permasalahan konflik tenurial yang terjadi.

Hadirnya prosiding ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap permasalahan tenurial yang terjadi dan mampu memberikan kontribusi positif pada upaya penyelesaian konflik. Beberapa permasalahan tenurial dalam pengelolaan hutan dan rekomendasinya telah teridentifikasi dalam RTD ini, baik secara umum maupun yang secara khusus dimandatkan kepada WG-Tenure untuk melaksanakannya.

Bagi yang berminat dapat menghubungi
Lia Amalia
Email: wg_tenurial@cbn.net.id; lia@wg-tenure.org

Download Versi elektroniknya disini :