Warta Tenure Edisi 6

WARTA TENURE edisi 6

Warta Tenure Edisi 6REDD (Reducing from Deforestration and Degradation)
Bagaimana Isu Tenurial MAsyarakat?

REDD (Reducing from Deforestration and Degradation) telah menjadi issu yang marak diperbincangkan selama hampir setahun ini tepatnya pasca COP-13 di Bali Desembaer 2007 yang lalu. Warta Tenure edisi 6 ini mencoba menampilkan REDD dan issu tenurial masyarakat.

Untuk lebih memberikan gambaran terhadap berbagai tentang REDD, Warta Tenure mencoba menyajikan kajian tentang “Apa Itu REDD” yang secara gamblang dipaparkan oleh pakar REDD dari Badan Litbang Departemen Kehutanan, Dr. Ir. Nur Masripatin, MSc. Secara Khusus isu tenurial diangkat dalam tulisan “Kepastian Tenure Masyarakat dalam Pelaksanaan REDD” yang ditulis oleh Koordinator Dewan Pengurus WG-Tenure. Bagaimana memastikan masyarakat dapat menikmati kredit karbon secara langsung coba ditawarkan dalam kajian Direktur Eksekutif LATIN, Arif ALiadi. Sementara Pandangan itu pandangan berbagai pihak terhadap REDD disampaikan melalui Opini Para Pihak.

Kepastian Tenurial atas kawasan hutan menjadi suatu hal yang mutlak diperhitungkan dalam mempersiapan implementasi REDD di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri oleh seluruh pihak bahwa sampai saat ini masalah tenurial masih mewarnai berbagai konflik dalam pengelolaan hutan di Indonesia. DALam edisi ini Warta Tenure mencoba memotret proses pembelajaran yang dilakukan WG Tenure dengan para mitra dalam upaya mendorong terciptanya kepastian tenurial bagi masyarakat dalam kawasan hutan.

Berbagai proses pembelajaran di lapangan terus dipotret oleh WG Tenure dan di-shared ke berebagai pihak sebagai upaya membangun pemahaman yang lebih baik terhadap segala permasalahan tenurial di kawasan hutan demi mewujudkan pengelolaan hutan dalam koridor kelestarian dan keadilan.

Selamat Membaca !!!

Redaksi …

Download Link: Warta Tenure Edisi 6